Deskripsi Singkat Pohon Secang

Secang adalah sebuah pohon yang kayunya banyak digunakan sebagai bahan minuman herbal tradisional. Sebagai contoh wedang uwuh yang merupakan minuman tradisional dengan khasiat kesehatan yang sangat banyak. Secang dapat hidup di daerah yang tidak terlalu dingin. Umumnya, tanaman secang hidup seperti tanaman perdu dengan banyak cabang. Jika tumbuh dengan baik, maka secang bisa mencapai tinggi hingga 10 m.

Kayu secang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk membasmi bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa antibakteri pada kayu secang. Sehingga, mengkonsumsi minuman yang dibuat dengan kayu secang dapat membuat terhindar dari penyakit akibat infeksi. Kayu secang juga memiliki kandungan zat kimia lain seperti antioksidan dan anti kanker. Oleh karena itu, mengkonsumsi ekstrak kayu secang dimungkinkan dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pada tahap tertentu.

Manfaat lain dari kayu secang adalah untuk mengobati radang dan mengurangi rasa nyeri. Sehingga, meminum ekstrak kayu secang bisa mengurangi rasa sakit di bagian yang radang atau nyeri. Selain itu, sifat antibakteri pada kayu secang juga membuat kayu secang efektif mengurangi jerawat yang timbul akibat infeksi bakteri. Kayu secang yang dibuat dalam minuman juga efektif untuk digunakan sebagai obat diare. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mengkonsumsi kayu secang sebagai minuman kesehatan.